Sabtu, 27 November 2010

RESUME PEMASARAN ( PENGANTAR BISNIS )

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

 PENGERTIAN PEMASARAN.
Pemasaran dan produk merupakan fungsi pokok bagi perusahaan berusaha memproduksi dan memesarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.salah pengartian ini timbul karna pihak – pihak yang bersangkutan mempunyai kegiatan dan kepentingan yang berbeda – beda.
Kenyataan , pemasaran merupakan konsep yang menyeluruh , sedangkan istilah yang lain tersebut hanya merupakan satu bagian, satu kegiatan dalam sistem pemasaran secara keseluruhan. Pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
• Penjualan.
• Perdangan
• Distribusi

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan , menentukan harga, mempromosikan , dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa sebenarnya proses pemasaran itu terjadi atau dimulai jauh sejak sebelum barang – barang diproduksi.

 Penciptaan Faedah Bagi Konsumen

Pemasaran adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu – individu. Selain pemasaran , kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
 Produksi yang membuat barang – barang
 Kosumen yang menggunakan barang – barang tersebut.
Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah ( utility ) bagi konsumen.
Dari kelima faedah tersebut , kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah , yaitu sebagai berikut :
1. Faedah Waktu
Faedah waktu dapat diciptakan dengan menyediakan produksi pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.
2. Faedah Tempat
Faedah tempat merupakan faedah yang diciptakan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
3. Faedah Milik
Faedah milik diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
4. Faedah Informasi
Faedah informasi diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen.

 KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran ( marketing concept ) merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.



 Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
• Pendekatan serba fungsi ( functional approach )
• Pendekatan serba lembaga ( institutional approach )
• Pendekatan serba barang ( commodity approach )
• Pendekatan serba manajemen ( managerial approach )
• Pendekatan serba sistem ( totl system approach )

Pendekatan Serba Fungsi
Ada beberapa macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan yaitu :
1. Penjualan
Penjualan ini merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang puggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju.
2. Pembelian
Fungsi pembelian bertujuan memilih barang – barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam perusahaan dengan harga,pelayanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.
3. Pengangkutan
Pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ke tempat barang dikonsumsikan.
4. Penyimpanan
Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang – barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsikan.
5. Pembelanjaan
Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
6. Penanggungan Risiko
Penanggungan Risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.

7. Standardisasi dan Grading
Adalah penentuan batas – batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang – barang hasil manufaktur , kadang – kadang juga disebut Normalisasi.
8. Pengumpulan Informasi Pasar
Dalam fungsi ini termasuk pula pengumpulan dan penafsiran keterangan – keterangan tentang macam barang yang beredar dipasar,jumlahnya ,macam barang barang yang dibutuhkan konsumen,harganya,dan sebagainya.

Pendekatan Serba Lembaga
Pendekatan seba lembaga ini membelajari pemasaran dari segi organisasi / lembaga – lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.Lembaga tersebut adalah :
 Penyediaan bahan/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen.
 Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi.
 Perntara pedagang.
 Perantara Agen.
 Perusaha saingan.
 Pembeli akhir.


Pendekatan Serba Barang
Pendekatan serba barang atau disebut juga pendekatan organisasi industri , merupakan suatu pendekatan pada pemassaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang – barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan serba manajemen ini mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
Jadi, pendekatan ini mempelajari dan menekankan masalah – masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem pemasaran.


STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN

Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang menejer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam dua sub bagian ,yaitu :
 Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
 Sub bagian penjualan umum.

PASAR

Pengertian Pasar
Seorang yang membali suatu barang atau jasa akan terlibat dalam suatu transaksi pembelian. Transaksi jual beli yang terjadi dilakukan penjual dan pembeli.sehingga pasar dapat dianggap sebagai suatu tempat .

Pasar adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas ,uang untuk berbelanja ,dan kemauan untuk membelanjakannya.


Macam – macam pasar
Ada beberapa macam – macam pasar ,yaitu :
 Pasar Konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang – barang untuk dikonsumsikan ,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut.
 Pasar Industri adalah pasar yanng terdiri atas individu – individu dan lembaga atau organisasi yang membali barang – barang untuk dipakai lagi.
 Pasar Penjual adalah suatu pasar yang terdiri atas individu – individu dan organisasi yang membeli barang – barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
 Pasar Pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga – lembaga pemerintah , seperti : departemen – departemen , direktorat, kantor – kantor dinas,dan instansi lain.


Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan – satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat Homogen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar